MATINYA NALURI KEMANUSIAAN DI TENGAH MENINGKATNYA KEMISKINAN


Oleh : Dini Harefa

Indonesia masuk dalam 100 negara paling miskin di dunia. Hal ini diukur dari Gross National Income (GNI) atau pendapatan nasional bruto per kapita. Mengutip World Population Review, Indonesia masuk dalam urutan ke-73 negara termiskin di dunia. Pendapatan nasional bruto RI tercatat US$3.870 per kapita pada 2020.

Sementara, mengutip gfmag.com, Indonesia menjadi negara paling miskin nomor 91 di dunia pada 2022. Hal ini diukur dengan produk domestik bruto (PDB) atau gross domestic product (GDP) dan purchasing power parity (PPP) atau keseimbangan kemampuan berbelanja. Tercatat, angka PDB dan PPP RI sebesar US$14.535

Sementara itu, BPS mengartikan garis kemiskinan sebagai cerminan nilai rupiah pengeluaran minimum yang diperlukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya selama sebulan, baik kebutuhan makanan maupun non-makanan. Garis kemiskinan terdiri dari garis kemiskinan makanan (GKM) dan garis kemiskinan non-makanan (GKNM). Garis kemiskinan yang digunakan BPS pada Maret 2022 tercatat Rp505.469,00 per kapita per bulan dengan komposisi GKM sebesar Rp374.455,00 (74,08 persen) dan GKNM sebesar Rp131.014,00 (25,92 persen).

Di lansir dari KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah penduduk miskin pada bulan Maret 2021 mencapai 27,54 juta orang. Jumlah ini hanya menurun tipis 0,01 juta orang dibanding September 2020. Posisi ini masih lebih baik dari beberapa negara di Asia Tenggara yang masuk di daftar 100 negara termiskin, seperti Vietnam yang berada di urutan ke-82, Filipina ke-72, Kamboja ke-46), Myanmar ke-45, dan Timor Leste ke-29.


Bukannya Iri Tapi dimana Empati

Sungguh miris, di tengah banyaknya rakyat yang makin sempit hidupnya, kepayahan hidup amat jelas terasa bagi rakyat walau tergolong kalangan menengah karena mereka juga merasa segala kebutuhan pokok begitu besar untuk ditebus sedang ikat pinggang harus tetap dikekang demi kelangsungan hidup dalam sistem kapitalis, sungguh menyayat hati segelintir orang kalangan elit dengan mudah membeli mobil mewah. Ketimpangan makin nyata di tengah kehidupan, bahkan Sistem kapitalis telah sukses mematikan naluri kemanusiaan orang-orang  kaya.

Belum lama ini, Range Rover baru resmi meluncur di Indonesia. Kendaraan tersebut merupakan generasi kelima dan dibanderol mulai Rp 5,9 miliar dengan status off the road. Meski mahal dan baru diluncurkan, namun stok yang tersedia di Tanah Air sudah nyaris habis. 

Range Rover baru masuk ke Indonesia melalui PT JLM Auto Indonesia. Kendaraan tersebut rupanya berstatus limited dan hanya tersedia 50 unit di dalam negeri hingga akhir tahun. Range Rover baru sudah dinanti-nantikan konsumen sejak lama, bahkan jauh sebelum diluncurkan. Bukan hanya itu, menariknya, tak sedikit dari mereka yang telah melakukan pemesanan sebelum melihat, menyentuh, apalagi menjajal unitnya secara langsung. 


Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Sila kedua Pancasila ini seharusnya menghujam tertanam dalam dada setiap rakyat Indonesia yang mengaku bahwa inilah landasan nya, kasarnya hal ini berani di khianati bukan yang pertama kali tapi ini ke sekian kali nya peri kemanusiaan hilang tergerus arus hedonisme buah sekuler kapitalis. 

Sungguh miris ditengah kesulitan hidup rakyat Indonesia kebanyakan malah disuguhkan dengan kabar yang mengiris hati segelintir orang yang rela merogoh kocek demi kepuasan nafsu, dan dengan sengaja merasa tak peduli dengan penderita orang lain. Matinya naluri kemanusiaan ditengah meningkatnya kemiskinan menandai bahwa sistem hari ini tidak cocok untuk manusia, ya bisa kita lihat hilangnya sisi kemanusiaan kita yang direnggut paksa dengan kegilaan sistem kapitalis yang tak manusiawi, memenangkan para pemodal, dan membiarkan yang lain kalah bahkan meninggal. 


Optimis Kita Butuh Solusi!

Islam menjaga agar naluri kemanusiaan tetap terjaga melalui berbagai kewajiban syariat yang telah ditetapkan, bahkan menjadikannya sebagai amal kebaikan. Bahkan Islam mengancam orang orang yang Allah lebih kan hartanya pada sebagian yang lain agar memberikan sebagian hartanya pada yang membutuh kan dalam salah satu hadis Rasulullah Saw. 
Tidaklah mukmin, orang yang kenyang sementara tetangganya lapar sampai ke lambungnya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad (112). Al-Hakim menilai, hadis itu sanadnya sahih. 

Hal ini hanya akan terwujud ketika negara menjaga umatnya terikat dengan hukum syara dan juga menerapkan syariat secara nyata dalam kehidupan. Dan negara berperan memelihara rakyatnya baik didunia maupun diakhirat, maka berbagai hal seharusnya dilakukan dalam upaya memelihara kehidupan rakyatnya. 

Kondisi kita hari ini butuh solusi yang tak sekadar ucapan sabar tapi tindakan yang mengubah keadaan terpuruk ini pada impian kehidupan yang kita inginkan, maka jelas kita perlu banyak mengkaji dan memahami pada siapa kita akan kembali bukankah banyak ide yang buat atas dasar pemikiran manusia dengan Solusi yang dirasa tepat tapi tak jarang menyalahi syariat, sedang Allah dialah Rabb kita paham atas hidup kita ditangan nya lah nasib kita. Dan bahwa jazirah Arab nan tandus diselimuti oleh hawa kezaliman dan kejahiliaan bisa bebas karena kepada Allah mereka berserah. 




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar